MESIN 2 TAK DAN MESIN 4 TAK
A. MESIN 2TAK
Mesin dua tak adalah mesin pembakaran dalam yang dalam satu siklus pembakaran terjadi dua
langkah piston, berbeda dengan putaran empat-tak yang
mempunyai empat langkah piston dalam satu siklus pembakaran, meskipun keempat
proses (intake, kompresi, tenaga, pembuangan) juga terjadi.
Cara kerja mesin 2 tak
1.
Langkah hisap dan langkah kompresi
Piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA). Membran terbuka dan campuran bahan bakar (warna hijau) masuk ke dalam crankcase dari karburator melalui saluran masuk. Sementara campuran bahan bakar yang berada di bagian atas permukaan piston (warna merah) sedang dikompresi oleh piston, siap untuk diberi percikan bunga api dari busi.
Piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA). Membran terbuka dan campuran bahan bakar (warna hijau) masuk ke dalam crankcase dari karburator melalui saluran masuk. Sementara campuran bahan bakar yang berada di bagian atas permukaan piston (warna merah) sedang dikompresi oleh piston, siap untuk diberi percikan bunga api dari busi.
2.
Langkah usaha, langkah pembilasan, & langkah buang.
Campuran bahan bakar telah diberikan percikan bunga api, sehingga terjadilah ledakan. Ledakan itu memaksa piston bergerak turun dari TMA ke TMB. Itulah langkah usaha. Akibat piston yang bergerak turun tadi, mengakibatkan campuran bahan bakar yang berada di dalam crankcase tertekan, sehingga menutup membran yang berada pada mulut saluran masuk. Campuran lainnya akan menuju bagian atas piston melewati saluran bilas (lihat gambar, berada pada sebelah kiri piston) untuk mendorong gas sisa pembakaran keluar. Inilah yang disebut langkah pembilasan dan langkah buang.
Campuran bahan bakar telah diberikan percikan bunga api, sehingga terjadilah ledakan. Ledakan itu memaksa piston bergerak turun dari TMA ke TMB. Itulah langkah usaha. Akibat piston yang bergerak turun tadi, mengakibatkan campuran bahan bakar yang berada di dalam crankcase tertekan, sehingga menutup membran yang berada pada mulut saluran masuk. Campuran lainnya akan menuju bagian atas piston melewati saluran bilas (lihat gambar, berada pada sebelah kiri piston) untuk mendorong gas sisa pembakaran keluar. Inilah yang disebut langkah pembilasan dan langkah buang.
Kelebihan
Mesin 2 tak
Dibandingkan mesin empat tak, kelebihan mesin dua tak adalah :
Dibandingkan mesin empat tak, kelebihan mesin dua tak adalah :
§ Mesin dua tak lebih bertenaga dibandingkan mesin empat tak.
§ Mesin dua tak lebih kecil dan ringan dibandingkan mesin
empat tak.
§ Kombinasi kedua kelebihan di atas menjadikan rasio berat
terhadap tenaga (power to weight ratio) mesin dua lebih baik dibandingkan mesin
empat tak.
§ Mesin dua tak lebih murah biaya produksinya karena
konstruksinya yang sederhana.
Meskipun memiliki
kelebihan tersebut di atas, jarang digunakan dalam aplikasi kendaraan terutama
mobil karena memiliki kekurangan.
Kekurangan mesin 2 tak
Kekurangan mesin 2 tak
§ Efisiensi mesin dua tak lebih rendah dibandingkan mesin
empat tak.
§ Mesin dua tak memerlukan oli yang dicampur dengan bahan
bakar (oli samping/two stroke oil) untuk pelumasan silinder mesin.
§ Kedua hal di atas mengakibatkan biaya operasional mesin dua
tak lebih tinggi dibandingkan mesin empat tak.
§ Mesin dua tak menghasilkan polusi udara lebih banyak, polusi
terjadi dari pembakaran oli samping dan gas dari ruang bilas yang terlolos
masuk langsung ke lubang pembuangan.
§ Pelumasan mesin dua tak tidak sebaik mesin empat tak,
mengakibatkan usia suku cadang dalam komponen ruang bakar relatif lebih rendah.
B. MESIN
4 TAK
Four stroke engine adalah sebuah mesin dimana untuk menghasilkan sebuah tenaga memerlukan empat proses langkah naik-turun piston, dua kali rotasi kruk as, dan satu putaran noken as (camshaft).
Four stroke engine adalah sebuah mesin dimana untuk menghasilkan sebuah tenaga memerlukan empat proses langkah naik-turun piston, dua kali rotasi kruk as, dan satu putaran noken as (camshaft).
CARA KERJA MESIN 4 TAK
1. Langkah hisap (intake)
Piston bergerak dari TMA ke TMB. Katup masuk terbuka, katup buang tertutup. Campuran udara & bahan bakar masuk ke dalam silinder.
2. Langkah kompresi
Piston bergerak naik dari TMB ke TMA, kedua katup (masuk dan buang) tertutup. Campuran yang berada dalam silinder dikompresikan, siap diberikan percikan bunga api.
3. Langkah usaha (combustion)
Akibat percikan bunga api dari busi, terjadilah ledakan yang membuat piston terdorong dari TMA ke TMB. Di sinilah proses tenaga akan disalurkan hingga memutarkan roda.
4. Langkah buang (exhaust)
Piston bergerak dari TMB ke TMA. Katup masuk tertutup dan katup buang terbuka.Gas sisa pembakaran akan didorong piston keluar dan dibuang melewati knalpot.
·
Kelebihan Mesin 4 Tak
1. Konsumsi bensin lebih irit dan
kerugian dari gas-gas yang terbuang kecil sekali.
2. Pada putaran rendah, motor
dapat bekerja dengan halus dan tidak ada kesalahan dalam proses pembakaran yang
disebabkan langkah buang yang tidak sempurna.
3. Setiap proses kerja
diselesaikan sepanjang satu langkah penuh sehingga dapat bekerja secara ideal
yang menyababkan tenakan rata-rata yang dihasilkan menjadi lebih tinggi.
4. Cocok untuk putaran tinggi
karena sistem pembilasannya lebih baik.
5. Pengaturan campuran udara dan
bensin lebih mudah karena tidak dicampur dengan oli samping.
·
Kekurangan Mesin 4 Tak
1. Konstruksinya lebih rumit karena
adanya sistem katup.
2. Bobot mesin untuk setiap
satuan daya yang dihasilkan lebih besar.
3. Daya yang dihasilkan lebih
kecil karena pada setiap langkah atau dua putaran poros engkol hanya terjadi
satu kali usaha atau ekspansi.
4. Getaran yang terjadi lebih
besar.
5. Sistem pelumasan harus sempurna
agar mesin lebih awet.
perbedaan antara mesin 2 tak dengan
mesin 4 tak.
berdasarkan efisiensi bahan bakar,
motor 4 tak lebih unggul, karena tidak adanya bahan bakar baru yang terbuang
akibat proses pembilasan (sebenarnya ada, namun tak sebanyak mesin 2 tak).
Namun dari segi hasil tenaga, motor 2 tak lebih unggul, karen untuk mendapat 1x
usaha hanya butuh 2x gerakan piston turun-naik, sedangkan mesin 4 tak butuh 4x
gerakan piston turun-naik-turun-naik. Dengan kata lain, 1x tenaga yang
dihasilkan mesin 4 tak sama dengan 2x tenaga mesin 2 tak, sehingga laju
kendaraan dengan mesin 2 tak lebih cepat dibanding dengan mesin 4 tak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar